Sunday 7 December 2014

Kawat Gigi Sekadar Tren atau Kebutuhan?

alasan kenapa pasang behel gigi
alasan kenapa pasang behel gigi
Orang yang memakai kawat gigi atu behel semakin sering dijumpai. Penggunaan behel kini menjadi tren, bahkan mereka yang giginya rapihpun memilih untuk mengenakan kawat gigi sebagai aksesoris. Bagai mana fenomena ini terjadi, bagaimana pula aspek kesehatan dan keamanannya?
Drg. Nada Ismah, SpOrt, Pengajar Departemen Orthodenti Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Mengakui fenomena tersebut . sekarang masyarakat semakin mengerti bagaimana merawat gigi, salah satunya dengan menggunakan kawat gigi karena pengetahuan dan kesadaran yang meningkat. Disamping itu mereka beranggapan dengan pasang kawat gigi ini prestos-nya. Nada mengatakan ada tiga fungsi kawat gigi. Pertama, fungsi kesehatan, misalnya orang dengan gigi berantakan atau berjejal yang menyebabkan kesulitan saat membersihkannya karena makanan banyak yang terselip sehingga menyebabkan gigi dapat berlubang, gusi meradang dan penyakit ortodental lainnya, maka gigi yang berantakan itu harus dirapihkan.
Kedua, mengembalikan fungsi gigi. Contohnya gigi berjejal atau gigi yang miring karena dicabut lalu tidak dibuat gigi palsunya atau posisi gigi yang maju sehingga terganggu ketika mengunyah atau menimbulkan kelainansendi rahang dibawah telinga. Karena menimbulkan penyakit, maka perawatan ortohodonti diperlukan dengan tujuan mengembalikan fungsi gigi.
Ketiga, alasan estetik atau kecantikan. Biasanya banyak pasien datang dengan keluhan gigi menonjol (Tonggos) maju kedepan, disertai gigi berjejl atau ada gigi yang lebih maju disbanding gigi lainnya.


Bersambung………

No comments:

Post a Comment