Monday 15 December 2014

Wisata Kawah Ratu Gunung Salak - Bogor - Jawa Barat

Kawah Ratu Gunung Salak
Kawah Ratu Gunung Salak

Gunung Salak merupakan salah satu dari berbagai pesona kekayaan alam yang dapat kita saksikan ketika berkunjung dan berwisata ke kota Bogor. Hamparan perbukitan yang berbaris disekelilingnya, serta beraneka jenis vegetasi pepohonan yang tumbuh dengan rindang disepanjang kawasan gunung ini, menjadikan pemandangan alam disekitarnya terlihat begitu indah dan mempesona.
Tidak salah bila kawasan pegunungan yang salah satu puncaknya memiliki ketinggian lebih kurang sekitar 2.200 meter diatas permukaan laut tersebut, menjadi salah satu lokasi wisata alam yang menarik bagi sebagian pengunjung khususnya para pecinta alam.
Kawasan Gunung Salak, juga begitu dikenal sebagai salah satu lokasi atau tujuan untuk melakukan kegiatan berkemah serta pendakian. Terhitung banyak sekali berbagai kalangan wisatawan datang untuk menggunakan areal disekitar gunung ini, sebagai areal untuk melakukan kegiatan yang penuh dengan sensasi dan tantangan tersebut. Disamping itu, selain menawarkan panorama pemandangan alam yang indah, Gunung Salak juga begitu dikenal dengan salah satu objek wisata andalannya, yakni Wana Wisata Kawah Ratu.
Kawah Ratu merupakan salah satu objek wisata alam yang menawarkan banyak sekali keunikan. Selain hanya dapat dinikmati pesonanya ketika berada dipuncak Gunung Salak, lokasinya yang juga berada pada ketinggian lebih kurang sekitar 1.338 meter diatas permukaan laut, menjadikannya sebagai salah satu objek wisata yang menarik, sekaligus menawarkan sensasi tersendiri ketika dikunjungi.
Berbagai pesona eksotik dapat kita temukan pada kawah yang terbentuk dari hasil letusan gunung berapi tersebut. Namun, memang dibutuhkan sedikit perjuangan untuk dapat menyaksikan, serta menikmati berbagai pesona yang ditawarkan oleh salah satu objek wisata alam ini.
Kawasan wana wisata Kawah Ratu merupakan sebuah objek wisata alam yang juga hanya dapat dikunjungi oleh mereka yang menyukai kegiatan berpetualang dialam. Pasalnya untuk dapat mencapai lokasinya, kita harus melakukan kegiatan pendakiaan atau berjalan kaki menyusuri sebuah lintasan yang penuh dengan rintangan alam, serta menyusuri rindangnya pepohonan didalam hutan pada kawasan tersebut.
Umumnya waktu yang dibutuhkan untuk dapat sampai pada puncak Gunung Salak atau tempat dimana Kawah Ratu berada, dibutuhkan waktu lebih kurang sekitar 3 – 5 jam dengan melaukan pendakian. Nah, sepertinya kegiatan ini akan terasa sangat melelahkan ya? Namun anda tidak perlu khawatir, pasalnya pesona pemandangan alam yang tersaji disekitar kita, dapat menjadi sebuah penawar untuk mengusir rasa lelah yang menghampiri.
Kita juga dapat beristirahat sejenak, sembari menikmati sajian udara yang terasa begitu sejuk dan menyegarkan disepanjang perjalanan. Sesekali kita juga dapat mendengar suara kicauan dari berbagai jenis burung yang memang hidup didalam kawasan tersebut. Terdengar menyenangkan bukan?
Pihak pengelola kawasan wana wisata Kawah Ratu, telah menyediakan beberapa pilihan rute yang dapat digunakan untuk melakukan pendakian. Salah satunya, yakni rute pendakian melalui kawasan Pasir Reungit. Nah, bagi pengunjung atau pendaki pemula, dapat menggunakan rute yang terletak pada bilangan bagian utara Gunung Salak ini sebagai pilihan untuk melakukan pendakian. Pasalnya kondisi lintasan serta rintangan pada rute tersebut, tergolong cukup mudah untuk dilalui.
Selain itu, kawasan wana wisata Kawah Ratu hanya berjarak lebih kurang sekitar 4 kilometer, dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama lebih kurang sekitar dua jam bila menggunakan rute tersebut. Sementara rute menuju wana wisata Kawah Ratu lainnya yang telah disediakan, yakni lintasan melalui Gunung Bunder, atau Desa Cidahu. Umumnya rute ini hanya dilintasi oleh para pendaki yang sejatinya memang sudah cukup berpengalaman.
Setibanya dikawasan puncak Gunung Salak, kita akan disuguhkan dengan salah satu daya tarik yang dimiliki oleh wana wisata Kawah Ratu, yakni sebuah fenomena alam berupa serangkaian aktivitas geologi yang memang selalu terjadi. Dimana kawah yang terlihat membentuk sebuah cekungan tersebut, dapat mengluarkan semburan uap panas, serta belerang yang mengandung gas asam sulfide atau zat H2S. Selain itu, aktivitas tersebut juga menghasilkan suara-suara gemuruh yang terdengar begitu jelas sekali. Nah, menyaksikan pemandangan langka tersebut, pastinya akan memberikan sebuah pengalaman yang begitu berkesan kepada kita.
Namun terdapat sebuah himbauan serta peringatan penting mengenai keselamatan, dan biasanya juga telah disampaikan oleh pihak pengelola sebelum kita melakukan pendakian. Dimana para pengunjung dilarang untuk berada terlalu dekat dengan lokasi kawah. Pasalnya selain memiliki bau yang sedikit menyengat, semburan uap panas yang juga membawa gas asam sulfide tersebut, dapat membuat anda kehabisan oksigen. Nah, untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda mematuhi berbagai larangan yang telah disampaikan tersebut.
Pesona serta keunikan lain yang dapat kita saksikan pada kawasan wana wisata Kawah Ratu, yakni Sungai Cikuluwung atau sebuah aliran sungai yang terdapat disekitar kawah. Sungai dengan kedalaman lebih kurang sekitar 50 sentimeter tersebut, menjadi salah satu sajian alam yang menarik untuk kita kunjungi.
Selain terlihat begitu eksotik, sungai ini juga dipercaya membawa banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. Diantaranya, yakni asam sulfide yang terkandung pada sungai berwana hijau dan jernih tersebut, dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit kulit. Nah, menarik sekali bukan?
sumber : jalan2.com

No comments:

Post a Comment